SENTE SI AESTETIC TAPI BERACUN


Bira besar atau Alocasia macrorrhizos merupakan tumbuhan penghasil umbi yang dapat dimakan. Bira dikenal pula dengan nama asal bahasa Jawa, sente 

Tumbuhan ini merupakan terna besar yang umbi batangnya dijadikan sumber pangan karbohidrat non-serealia. Daun mudanya yang telah direbus dapat dipakai sebagai pembungkus makanan, seperti nasi atau buntil.

Bagian-bagian di atas permukaan tanah, seperti daun dan bunga mengandung kristal kalsium oksalat yang bila termakan mentah atau kurang terolah dengan sempurna menyebabkan mulut dan perut terasa gatal. Getahnya mampu menyebabkan radang.

Manfaat:

  • Tanaman hias: Bira besar adalah tanaman hias yang populer karena daunnya yang indah dan unik. Tanaman ini dapat ditanam di dalam ruangan atau di luar ruangan, tergantung pada iklimnya.
  • Obat tradisional: Bira besar memiliki beberapa manfaat pengobatan tradisional. Daunnya dapat digunakan untuk mengobati luka, gatal-gatal, dan radang.
  • Pangan: Umbi bira besar dapat dimakan setelah dimasak. Umbi ini kaya akan karbohidrat dan mineral.



Perawatan:

Bira besar membutuhkan perawatan yang cukup mudah. Tanaman ini membutuhkan cahaya terang dan penyiraman yang cukup. Bira besar juga menyukai tanah yang gembur dan kaya akan bahan organik.